Info

SELAMAT DATANG

Selamat datang di blog pak lindowris, blog ini di dedikasikan untuk anak - anak mahasiswa D3 Komputer Akuntansi dan D3 Management Informatika. semua tugas yang di ampu oleh pak ndoris bisa di dapatkan kejelasannya disini. semua mahasiswa juga bisa berpartisipasi dalam memajukan perkuliahan dengan ikut menyumbangkan postingan artikel, ide, saran, maupun komentar yang bersifat membangun dan informasi - informasi yg menarik di bidang Telekomunikasi, Komputer, dan Informatika.

Sekilas Tentang LINDOWRIS hardsoftprogNET

Nama saya Masykuri, HardSoftProgNET adalah wadah perkumpulan bagi penggemar dunia komputer dan telekomunikasi. mencoba berawal dari sini untuk melakukan perubahan dalam perjalanan karir dan cinta.

Daftar Menu

Kamis, 04 Oktober 2012

RISET DAN OPERASI

Riset dan Operasi


/ Arti Riset bisa diartikan atau memberikan makna :
-Suatu penelitian
-Suatu ujicoba/percobaan
-Suatu eksperimen
-Suatu analisa
-Suatu rekayasa

/Arti Operasi  bila disandingkan dengan Riset memberikan pemahaman, makna, definisi dan artikulasi sebagai:
-Sesuatu yang akan dijalankan
-Sesuatu yang akan dilakukan

Dengan demikian, setelah mengetahui makna perkata dapat ditarik garis kesimpulan yang meberikan suatu definisi sbb:
" Riset dan Operasi adalah disiplin ilmu yang mengharuskan untuk dilakukan
penelitian,
ujicoba/percobaan,
eksperimen,
analisa,
rekayasa
dimana hasil dari
penelitian,
ujicoba/percobaan,
eksperimen,
analisa,
rekayasa
dijalankan dan digunakan untuk mencapai keputusan yang terbaik bagi pihak-pihak yang membutuhkan informasi (Used Information)".

Di dalam menjalankan Riset ini tidak terlepas dari 3 telor(bagi yang tidak suka telor bisa diganti sama keju atau yang lainnya, he..he..he...,)
Dari gambar diatas bisa dijelaskan sbb:
1. Garis panah satu
   kita melakukan riset bertujuan untuk menghasilkan keputusan terbaik yang mana hasil keputusan tersebut memberikan informasi untuk digunakan pihak yang melakukan riset(personal,intern). atau keputusan tersebut digunakan oleh pihak-pihak lain(instansi pendidikan, pemerintah, perbankkan dll) bergantung pada apa yang diteliti. kegiatan riset seharusnya memang berkaitan langsung dengan obyek-obyek yang akan diteliti, tetapi berkembangnya teknologi dan informasi, kegiatan riset bisa diartikan kegiatan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, yang dilaporkan dalam bentuk data-data otentik maupun data-data pendukung yang mengarah pada hasil keputusan yang terbaik.

2. Garis panah dua
Meskipun di dalam suatu riset itu sama-sama melakukan suatu penelitan dengan terkumpulnya informasi yang cukup, sehingga pembuatan laporan yang berisi data-data itu bisa maksimal. informasi tersebut dikumpulkan atau didapatkan untuk mencapai keputusan terbaik, bisa juga kegiatan mengumpulkan informasi digunakan untuk sebagai data bukti yang menyertai keputusan.

jadi disini keputusannya sudah ada tinggal mencari bukti kongkritnya, pengertian riset yang pertama kita mengumpulkan informasi untuk mendapatkan keputsan, sedangkan pengertian yang kedua  keputusan nya sudah ada kita melakukan riset untuk mencari data-data bukti yang menyertai suatu keputusan.

ok..ok.. sduah pada paham ya semua, kalau belum paham silahkan tanyakan pada dosennya langsung( kritik saran selalu terbuka untuk kemajuan bangsa)

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
KUDUS, JAWA TENGAH, Indonesia
saat ini sedang bergabung dengan yayasan latief foundation menjadi salah satu tentor di cabang jepara. Guru TKJ SMK Roudlotul Mubtadiin jepara

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites